bahasa indonesia · curhat · how-to

Apple and Sultana Cake

Hari ini saya membuat cake. Ceritanya dalam rangka ulang tahun suami.

Wah, betapa bangganya saya menulis kalimat yang pertama. Sejujurnya, ini baru kedua kalinya saya membuat cake dan ada dua kata yang seharusnya disisipkan di kalimat pembuka tadi, di antara kata saya dan membuat: masih belajar.

Pertama kalinya saya membuat cake adalah di hari pertama tahun baru 2019, dengan ajaran Mama mertua yang dulunya hobi membuat cake. Sebagai seorang ahli kimia, beliau memang seorang yang partikular dan presisi.

“Cooking and baking are 2 different things. Baking is a science.”

Jadi teringat komentar almarhum nini dulu. Kalau kamu masak dan gagal, biasanya ada banyak cara untuk memperbaikinya. Kalau kamu bikin kue dan gagal? Tamatlah sudah.

Mungkin kata-kata beliau tidak persis begitu tapi kurang lebih demikian.

Saya sempat berpikir mau share wedding vows yang kami buat secara pribadi, tapi saya sedang tidak ingin menulis hal-hal yang cheesy. Lebih baik menulis tentang sesuatu yang betulan mengandung cheese: Apple and Sultana Cake with Cream Cheese!

Ini dia resep asli Apple & Sultana Cake dari buku resep McDougalls:

Karena loyang kue yang kami punya agak besar, jadi saya memutuskan untuk membuat 1,5 x takaran yang ada di buku. Supaya cake nya agak tinggi.

Jadi bentuk cake ini seperti sandwich. Atas dan bawah adonan cake sultana, sementara di tengahnya ada parutan apel.

Saat mempersiapkan parutan apel, jangan lupa kupas kulitnya dulu lalu buang bijidan tangkainya. Pokoknya hanya daging buah apel yang putih itu saja yang diparut.

Bagian yang agak tricky adalah membuat adonan kue.

Pertama, timbang semua bahan. Lalu saring tepung terigu + baking soda, atau bisa juga menggunakan self-raising flour. Masukkan juga bubuk cinnamon. Kemudian campurkan semuanya dengan sultana alias kismis. Sisihkan untuk sementara.

Siapkan mixer. Kami pakai standing mixer, yang saya rasa sangat recommended karena sama sekali tidak membuat tangan pegal. Campurkan butter dan gula merah halus (dalam mangkuk baru, bukan yang dipakai tepung tadi), hingga menjadi creamy dan lembut. Batu setelah tercampur, masukkan telur satu persatu.

Jika butter-gula-telur sudah tercampur dengan baik, angkat dan switch off mixer. Perlahan tuangkan tepung & kismis tadi, sambil diaduk dengan gerakan angka 8. Ya, seolah menulis angka 8 di mangkuk adonan. Lama-kelamaan pasti terasa berat, tapi tetap semangat ya!

Tahap ini tidak bisa menggunakan mixer karena tepung pasti akan berhamburan kemana-mana.

Jika semua sudah teraduk dengan rata, tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil tetap menulis angka 8.

Bagian ini juga agak tricky. Untuk takaran susu, ternyata mama mertua tidak selalu mengikuti petunjuk buku masak.. Acuannya adalah kondisi adonan. Jika adonan yang menempel di adonan bisa jatuh dengan konsistensi yang baik, berarti cukup. Jika masih terlalu menempel, tambahkan susu, tapi hati-hati jangan terlalu encer.

Setting temperatur oven 200 derajat Celcius dan biarkan pre-heat dulu. Sementara itu oleskan butter atau mentega pada loyang kue, kemudian taburkan sedikit tepung pada permukaannya agak tidak lengket.

Tuangkan setengah adonan pada loyang, taburkan parutan apel, lalu tuangkan setengah adonan sisanya. Sebaiknya bentuklah permukaan cake seperti lembah yang lebih tinggi di tepiannya, karena cake akan mengembang seperti gunung.

Sesuai dengan petunjuk buku, saya setting oven 45 menit. Namun ternyata permukaan atasnya sedikit gosong. ๐Ÿ˜ฆ

Saya membuat sedikit modifikasi dengan menambahkan cheese frosting sebagai topping, setelah cake selesai dipanggang.

Caranya mudah saja. Campurkan bahan-bahan berikut dengan mixer, satu per satu secara berurutan, hingga menjadi frosting lembut:

  • 100 gram butter
  • 200 gram cream cheese
  • 1 sdt essence vanilla
  • 350 gram gula tepung

Kemudian oleskan di atas cake yang sudah didinginkan setelah keluar dari oven. Lalu taburkan kepingan almond & choco chips di atas frosting.

Selesai!

And happy birthday dearest hubby, you’re my cutest mooncake! ๐Ÿ’‹

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s