nesis

wb

Masalahnya bukan mau nulis blog. Walaupun yang itu udah lama terbengkalai juga. Ha.

Bukan fiksi, bukan artikel majalah jalan-jalan, bukan juga puisi yang nanti saya taruh link-nya di page sebelah.

Kali ini ada 2 project: thesis dan journal paper. Both in english, and not that I’ll complain about.. but spare me please, saya akan sangat merindukan menulis dalam bahasa ibu yang sudah terbiasa saya gunakan. (Sebenarnya bahkan, itu juga cuma ngaku-ngaku saja. Bahasa ibu saya Basa Sunda. Bahasa Indonesia itu bahasa teman-teman saya. Hehh.)

Sedih  lucu rasanya, mulai nulis thesis, yang dikerjain adalah:

  1. Download template.
  2. Minta contoh thesis punya temen yang lulus dengan nilai top.
  3. Ngeributin template mana yang bener. Kok punyanya si ini beda? Kok punya si itu lebih bagus?
  4. Ngeributin subbab-subbab yang ada dan ga ada. Kok punya kamu mulainya selalu pake introduction dan akhir chapter pake summary?
  5. Nulis chapter 1. Nulis subbab introduction yang menjelaskan isi chapter 1, selama sejam. Terus copy paste untuk subbab berikutnya karena males ngetik/ setting ulang template
  6. Ngeributin dedication page (bukan aku yang mulai, sumpah. Kebetulan aja ada orang ini yang mau masukin nama saya ke dedication page.. eh jadi kepikiran kan dedication page waktu TA S1 apaan. Eh ternyata sumpah ganesha yang termodifikasi. sungguh super creative.. sekalian aja tulis in harmonia progressio -__- blah)
  7. dan akhirnya.. malah buka wordpress. setelah sekian lama dicuekin dan dianaktirikan, sekarang tiba-tiba jadi pelarian. teganya..

Tapi sungguh, saya sendiri panik ngeliat keadaan diri saya kayak gini. Menunda-nunda kerjaan dengan melakukan perintilan yang ga penting. Oke. Saya udah mulai nulis main idea di OneNote. Cuma main idea untuk Research Background sih.. Dan 5 menit kemudian liat trailer the 5th wave di TGV. Yassalam.

Ini semua mungkin karena saya panik mau ditinggal kerja sama orang yang selalu ada setiap saya butuh apa-apa, setiap saya perlu obrolan seru yang agak intelek dan nerdy, setiap saya bete dan suntuk mau liat art gallery atau sekedar nonton film blockbuster of the week..

Tiba-tiba saya diwanti-wanti cuma bisa ketemu pas weekend, mulai bulan depan. Huuuuuuhu

Oknum bersalah lainnya, mungkin karena kamar saya tetiba terasa jauh lebih sempit dengan hadirnya orang ketiga.. Sang guru tadika yang super cheerful dan mengingatkan saya pada seseorang yang agak bermuka dua yang pernah saya kenal sebelumnya. Tunggu, itu cuma asumsi aja kok dia bermuka dua. Mungkin itu muka orang lain.. Ga baik berburuk sangka sama orang lain, mi. Oke, mungkin saya cuma iri sama seseorang dari masa lalu ini. Saya tipe orang yang gloomy dan anti-social yang ga akan bisa jadi kayak gitu–dan tak seharusnya saya memaksakan atau berkeinginan menjadi orang lain yang sama sekali bukan diri saya. Atau yang lebih mungkin lagi, saya trauma dengan semua orang di lingkungan si karakter masa lalu yang dari tadi dibahas ini.. Korporat2 yang gemar sekali berlatih drama, memeperebutkan peran sebagai double tape!

Hanya kebetulan saja sang cikgu ini suka memakai barang saya ga bilang2 dan menggantung handuk di handle lemari saya saat dia jelas-jelas mulai “ngaplek” sekarat.. Dan menggantung underwear di public area yang bukan jemuran.

Dan juga entah siapa di antara mereka yang super rajin dan katro, selalu nyabut kabel magic jar saya.. Yang mengakibatkan sisa nasi yang saya masak jadi basi dalam semalam. Yaiyalahhh. Hellooo.. magic jar itu fungsinya bukan cuma buat masak nasi doang cuy, tapi MENGHANGATKAN NASI juga. Emang dikira cuma buat gantiin panci biasa buat masak nasi, gitu? Ya maaf kalau tagihan listrik jadi agak nambah sedikit gara-gara saya nyolok magic jar beberapa jam.. Bzzzt.

Omaigat. Mungkin diam-diam saya mengidap OCD..

Moga-moga OCD ini bisa membantu saya menulis thesis (aka NESIS) dengan lebih baik. Sungguh harapan yang mulia dengan itikad yang tulus.

Leave a Reply

