Resep Sukiyaki Super Simpel

Katanya hari ini hari kartini se-Indonesia ya.

Saya sebenarnya nggak suka merayakan hari peringatan ini-itu. Jadi, tanpa mengurangi rasa hormat pada almarhum ibu kartini yang dulu sudah susah payah nulis surat pada teman-temannya di Eropa—mungkin dulu yang namanya nulis surat itu bisa ribet banget ya, saya kurang tahu juga sih—saya gak akan ngucapin selamat di blog ini. soalnya saya udah terlanjur ngucapin di twitter semalem *PLAK!

Tapi serius deh. Personally, saya nggak merayakan hari peringatan apapun. Bahkan hari ulang tahun. Seorang tokoh yang saya kagumi pernah bilang bahwa ketika kita ulang tahun itu harusnya kita evaluasi diri, karena umur kita, kesempatan kita untuk berbuat baik di dunia, sudah berkurang satu tahun.

Terus kenapa masih suka inget hari ulang tahun orang-orang? Saya nggak merayakan, tapi saya sangat suka ngambil momennya. Kalau merayakan itu kan menganggap sakral sebuah tanggal/hari tertentu.. Ngambil momen itu beda. Misalnya, ketika ada yang ulang tahun saya ngasih hadiah. Esensinya bukan merayakan, tapi sekedar ngambil momen. Bisa aja sih ngasih hadiah di hari-hari lain, tapi kan suka ga kepikiran atau ga termotivasi atau takut dipertanyakan motifnya atau bla bla bla lainnya. Kalau ngasih hadiah pas ulang tahun kan ada momennya. Begitu, guys.

Nah sekarang saya juga mau ngambil momen untuk posting resep masakan. =)

Anda-anda semua yang sudah berbaik hati subscribe blog ini mungkin pernah baca resep masakan macaroni yang saya tulis pada september 2011. (Wah. Hampir dua tahun yang lalu!) Waktu itu saya cerita bahwa resepnya saya dapatkan dari nenek saya. Kali ini, resep sukiyaki berhasil saya pelajari dari ambu (ibu, bahasa sunda). Ibu saya itu bukan tipe yang setiap hari masak di rumah. Tapi sebenarnya sih jago masak. Resep andalannya? Ya, sukiyaki ini salah satunya. Karena katanya masak sukiyaki itu gampang. Simpel. Ga banyak bumbu atau rempah-rempah segala macem seperti masakan indonesia.

So here we go.. Ini dia yang harus disiapkan sebelum kita mulai:

EQUIPMENTs

  • Pressure Cooker — Ini alat utama memasak sukiyaki a la ambu. Sebenarnya bisa aja kalau mau diganti panci biasa. Tapi untuk hasil optimal, tetap gunakan pressure cooker!
  • Spatula atau apapun yang Anda suka pakai untuk mengaduk masakan — Sebaiknya dari bahan kayu atau stainless ya. Jangan yang berbahan plastik, karena akan jadi beracun kalau kena air panas.
  • Kompor — Apakah perlu dijelaskan? Tanpa kompor kita ga bisa masak. Sekian.
  • Pisau — Yang nyaman digunakan untuk mengiris bawang dan memotong daging.
  • Chopping board a.k.a Talenan — Berbahan kayu, berbahan plastik, manapun oke.
  • Mangkuk atau wadah apapun — Untuk menaruh ingredients. Kalau mau tetap di keresek belanjaan ya boleh-boleh aja.

INGREDIENTs

  • Minyak goreng — sedikit saja,
  • Bawang putih 4 siung — harga bawang sekarang naik yaa jadi silakan disesuaikan *curcol
  • Bawang bombay 2 butir — baca keterangan di atas
  • Daging sapi — kira-kira sama banyaknya sepeti masak sup. sesuaikan sama jumlah orangnya aja.
  • Air minum 1,5 Liter
  • Jamur shiitake / jamur jenis lain yang disukai — secukupnya, tapi jangan terlalu banyak. dia cukup menyerap air.
  • Kikkoman soya sauce — kira-kira 3 sampai 5 sendok makan
  • Sawi putih / Pecay — sebanyak-banyaknya hahaha. JK. terserah aja. Ibu saya sangat suka sayur, jadi biasanya ini super banyak. Sekitar satu crop kecil mungkin ya. Iris sawi putih ini seperti akan ditumis, namun dengan proporsi sedikit memanjang.
  • Tahu putih — kira-kira 5 sampai 7 buah dipotong dadu tapi jangan terlalu kecil, kira-kira rusuknya ukuran 2 – 3 cm. Biasanya satu buah dibagi empat.
  • Baso ikan (optional) — boleh dipotong, boleh dibiarkan bulat. terserah.
  • Garam, gula, merica — secukupnya
  • Mie Sohun — secukupnya sesuai selera dan jumlah orang. Rebus semua sohunnya, kemudian tiriskan.

HOW TO COOK

Step 1: iris dan potong

Iris semua bawang. Tips mengiris bawang putih: Sebelum diiris, pukul dulu pake ulekan. Baru setelah itu diiris kecil-kecil. Kalau untuk bawang bombay ga perlu sekecil itu. Setelah bawang, siapkan juga daging sapi. Potong tipis-tipis, dengan ketebalan sekitar 1-2 milimeter. Kalau susah, 3 mm juga no problemo. Supaya lebih mudah untuk memotong daging tipis-tipis, potong dalam keadaan beku. Potongan tipis ini penting supaya bumbu lebih mudah terserap. Jangan lupa potong juga jamur shiitake.

Step 2: fry!

Siapkan pressure cooker di atas kompor. Beri minyak goreng di dasar pressure cooker, sesuai keterangan sebelumnya, sedikit saja. Sekedar menutupi permukaanya, ga perlu bikin kuah minyak. Nyalakan api dan tunggu hingga minyak panas. Masukkan bawang putih, baru kemudian bawang bombay. Goreng hingga harum dan berubah warna, tapi jangan sampai gosong. Setelah itu segera masukkan daging sapi yang sudah dipotong tadi. Goreng hingga berubah warna jadi kecokelatan. Lagi-lagi, jangan sampai gosong! Setelah semua warna merah di potongan daging tergantikan oleh warna cokelat, tuangkan air minum hingga memenuhi 3/4 pressure cooker. Saya biasanya pakai sekitar 1 liter hingga 1,5 liter. Setelah itu masukkan juga jamur shiitake dan kikkoman. Aduk hingga rata, lalu tutup rapat pressure cooker. Biarkan dalam api sedang, selama 10-15 menit.

Step 3: cemplungin sisanya

Ya, setelah menunggu bumbu kikkoman meresap ke daging dan jamur hingga daging sapi menjadi empuk, buka kembali tutup pressure cooker kita. Masukkan sawi putih, tahu dan baso yang sudah dipotong. Kemudian bubuhkan garam, gula, dan merica sesuai selera. Aduk rata. Biarkan selama 3-5 menit. Selesai!

Catatan: Sukiyaki ini biasanya pakai mie sohun. Nah, di resep ini mie sohun disajikan dalam tempat terpisah (tidak dicampur di pressure cooker), jadi dicampur di mangkuk masing-masing. Tapi kalau sohunnya langsung diaduk di pressure cooker boleh juga.

Selamat mencoba.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s