DIY: Membuat Animasi GIF dari Video dengan Adobe Photoshop

Halo. Ini pertama kalinya saya membuat artikel do-it-yourself /how-to selain resep masakan. HAHA. Tapi saya berusaha membuat tutorial ini sangat visual, dilengkapi screenshots di setiap langkah, plus penjelasan super sederhana.

Dengan mengikuti 7 Langkah Sederhana dalam tutorial ini, Anda bisa membuat animasi GIF untuk dipajang di blog, kaskus, forum internet,.. dimanapun Anda mau, selama GIF bisa hidup disana.🙂

STEP 1 – IMPORTING VIDEO

Pastikan Adobe Photoshop sudah terinstall di komputer Anda. Dalam tutorial ini, saya menggunakan Adobe Photoshop CS3. Kalau dalam komputer Anda sudah terinstall photoshop versi terbaru, no problem! Semua fitur photoshop yang saya gunakan dalam tutorial ini masih tetap ada, kok.

Launch photoshop. Pilih menu File –> Import –> Video Frames to Layers.. seperti terlihat pada gambar.

import video

Pilih video yang akan dijadikan animasi GIF. Sebaiknya video yang digunakan tidak berdurasi terlalu panjang. Dalam tutorial ini, saya menggunakan file video Tom/Emma Behind The Scenes.

Sudah klik Video Frames to Layers, tapi video yang diinginkan tidak muncul? Ketik *.* di File Name, seperti terlihat pada gambar berikut. Kemudian tekan Enter. Semua video dalam folder yang dipilih akan muncul seketika! Klik Load setelah memilih video yang diinginkan.

*.*

Perhatian! — Proses import video file dalam photoshop biasanya membutuhkan plugin QuickTime player. Jika QuickTime player belum terinstall, photoshop tidak akan bisa mengimpor video. Sebagai gantinya akan muncul notifikasi yang meminta untuk menginstall software ini. Soo, jika hal ini terjadi, install dulu QuickTime player sebelum melanjutkan ke step 2.

STEP 2 – MEMILIH SCENE

Pilih Selected Range Only. Kecuali video yang dipilih berdurasi kurang dari 10 detik. Jika Anda memilih video yang berdurasi cukup panjang—misalnya file film berdurasi satu jam—biasanya langkah ini memakan waktu cukup lama. Makanya, di langkah sebelumnya saya menyarankan untuk memilih video berdurasi singkat.

Untuk memilih scene yang akan digunakan dalam gambar animasi, tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard sambil memindahkan seeker bar atau menekan tombol next pada layar. Pada contoh di bawah ini saya memilih scene ‘dancing Tom & Emma’, yang berada di tengah alur video yang saya gunakan.

memilih scene

STEP 3 – MENYORTIR LAYER

Kita akan membuat file animasi GIF yang ringan, bukan membuat film. Tidak perlu menyimpan layer terlalu banyak, apalagi sampai ratusan layer. Hapus layer-layer yang tidak dibutuhkan. Dalam gambar berikut, saya menghapus layer-layer genap.

5

Masih terlalu banyak? Jangan ragu untuk menghapus lagi! Lakukan seperti menghapus layer genap: dilongkap setiap satu layer.

STEP 4 – JENDELA ANIMASI

Saatnya membuka jendela animasi. Pilih menu Window –> Animation

7

Jendela animasi akan memunculkan frame animasi dalam jumlah super banyak (dalam contoh gambar berikut, muncul 208 frame!). Tapi semua frame ini tidak kita butuhkan. Klik frame nomor 1, tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard, kemudian klik frame nomor terakhir. Pilih Delete (icon tong sampah pada bagian kanan bawah jendela animasi).

8

Setelah semua frame dihapus dan menyisakan satu frame seperti pada gambar di bawah ini, klik icon segitiga kecil di pojok kanan atas jendela animasi. Pilih Make Frames from Layers. Semua layer yang telah Anda sortir akan muncul pada jendela animasi.

9

STEP 5 – TIMING

Perhatikan bagian bawah jendela animasi. Di pojok kiri bawah, ada opsi jenis loop animasi. Saya memilih forever, agar animasi terus berjalan berulang kali. Di sebelah kanan opsi itu ada tombol-tombol player. Mulai dari backward, play, dan forward. Sekarang  coba klik icon play. Apa yang terjadi?

Animasi bergerak terlalu cepat. Tapi jangan panik! Kita bisa mengatur kecepatan animasi. Caranya, select semua frame: klik frame nomor 1, tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard, kemudian klik frame nomor terakhir (seperti yang telah dilakukan pada langkah sebelumnya). Setelah itu klik segitiga kecil yang berada pada bagian kiri bawah salah satu frame, tepat di sebelah kanan tulisan ‘0 sec.’ , lalu silahkan memilih jeda waktu yang diinginkan.

10

Pada contoh tutorial ini saya memilih 0,2 seconds. Jika jeda waktu yang diinginkan tidak tersedia, misalnya Anda ingin menyetel jeda waktu 0,15 detik, klik ‘Other..’ , dan masukkan jeda waktu yang diinginkan. Untuk menentukan apakah jeda waktu yang dimasukkan sudah sesuai, silahkan klik icon play lagi. Masih terlalu cepat? Tambahkan jeda waktu. Kalau malah terlalu lambat? Kurangi!  Ya, sesederhana itu.

STEP 6 – CROP

Gunakan shortcut Alt+Ctrl+I atau klik menu Image –> Image Size. Atur ukuran gambar sesuai kebutuhan agar ukuran file tidak terlalu besar ketika akan digunakan di web.

alt+ctrl+I

STEP 7 – SAVE

Pilih menu File –> Save for Web & Devices.

11

Klik tombol Save di pojok kanan atas daan .. selesai!

12

P.S. : Apakah gambar animasi GIF ini akan diupload ke web? Jika ya, perhatikan ukuran file yang tertulis pada bagian kiri bawah. Ukuran gambar masih dapat dikurangi (jika terlalu besar) dengan cara mengatur berbagai opsi setting yang ada di sebelah kanan. Setiap perubahan yang dilakukan akan mengubah ukuran file. Jika masih terlalu besar, silahkan tekan tombol Cancel dan hapus beberapa frame yang tidak dibutuhkan / tidak terlalu berpengaruh jika dihilangkan. Kemudian ulangi STEP 7. The End.

P.P.S. : Jangan takut untuk mencoba dan bereksperimen.

tom-emma

Happy GIF-ing!😀

22 thoughts on “DIY: Membuat Animasi GIF dari Video dengan Adobe Photoshop

    • Bisa macem2 sebabnya. Saya pernah pakai portable juga, memang agak lambat, apalagi kalo file videonya besar. QuickTime player sudah diinstall? Format videonya apa?

  1. Mau tanya nih, aku sudah berhasil install quick time, tapi ketika mau masukin video ygformatnya mp4, tidak tercantum di photoshopnya. trus misalnya pake yg avi, keluarnya putih semua. Aku coba ake mov, videonya ke load, tapi saat jadi layer, dimenu utamanya hitam smua (di kotak kecilnya pdhl ada preview gambarnya. ini kenapa ya?

    • Udah coba ketik *.* pas import video? Mungkin juga videonya kepanjangan / durasinya terlalu lama.. Jadi photoshop ga sanggup ngeload semuanya jadi layer. Coba ditrim dulu aja di software lain, atau pake video yang pendek2 durasinya.

  2. gan, saat ane import video yang format udah di tentukan tadi, kenapa gambarnya cuman putih aja? itu emang putih polos/ gimana? tolong pencerahannya

    • Durasi video yg diimport berapa menit?
      Terus, gambar putihnya itu jadi banyak layer atau cuma satu layer?

      Kalau cuma satu, kemungkinan proses importnya gagal.
      Kalau banyak layer, mungkin durasi video terlalu lama dan yg berhasil diimport cuma scene putih. Berarti harus ditrim lebih pendek durasinya.

  3. pas import video nya kok ada bacaan “couldn’t complete the video frames to layers command because quicktime version 7.1 or later is required.” ini gimana ya? padahal udah nginstal quicktimenya:/

    • sudah coba cek versi quicktime yang diinstall? mungkin quicktime yg diinstallnya versi lama (sebelum ver. 7.1). coba install ulang quicktime versi terbaru🙂

    • Caranya simple:
      Open file animasi GIF dengan Adobe Photoshop.
      Klik Tab IMAGE –> MODE –> DUOTONE.
      PIlih Tipe Preset yang diinginkan (Klik tulisan Custom di sebelah kanan Preset, kemudian scroll ke atas). Untuk warna sesuai contoh gambar ron weasley yang ada di link, coba pilih di antara pilihan warna brown.

      Kalau warnanya sudah sesuai keinginan, ulangi STEP 7 : Pilih menu File –> Save for Web & Devices. Klik SAVE. Voila!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s