7 don’ts after a meal

Selama liburan natal dan tahun baru yang sangat ‘nanggung’ gara2 masih ada UAS Arnus dan Studio (untungnya UAS Studio ditiadakan, tapi dosen kami dengan sangat iseng baru ngumumin hal ini setelah kita semua dateng ke studi hari senin pagi, cuma untuk ngisi kuesioner! DOH!! untungnya saya orang bandung, kalo ga, pasti udah ikutan gondok karena harusnya bisa libur di rumah lebih lama), pola hidup saya bener2 ga sehat. Padahal ambu (ibu,sundanese-red) paling cerewet masalah pola makan. Percaya ga percaya, kami sekeluarga nyaris udah pernah nyobain berbagai macam tren pola makan sehat, mulai dari food combining sampai diet golongan darah.

Berdasarkan fakta tersebut, di awal tahun baru masehi ini saya coba bikin resolusi (lagi-lagi! ayo kita lihat kali ini bakal tercapai ato ga :p) selain berhenti ngaret tentunya, saya ingin memperbaiki hidup yang berasa ga ada sehat-sehatnya ini mulai dari kebiasaan setelah makan. Well, ini ada artikel yang saya dapet dari milis IMA-G, hampir semuanya udah pernah saya denger sih, tapi sekedar sharing dan saling mengingatkan, ini dia 7 pantangan setelah makan:

* Don’t smoke

Penelitian dari para ahli membuktikan bahwa merokok sebatang rokok setelah makan sama dengan merokok 10 rokok (kemungkinan terserang kanker lebih besar).

* Don’t eat fruits immediately

Langsung makan buah-buahan setelah makan akan menyebabkan perut dipenuhi dengan udara. Untuk itu makanlah buah-buahan 1-2 jam setelah makan atau 1 jam sebelum makan. (Ternyata budaya Eropa yang menyajikan buah2an sebagai desert tu bener2 ga sehat! info selengkapnya silakan baca buku food combining karya Ibu Andang Gunawan)

* Don’t drink tea

Karena daun teh mengandung kandungan asam yang tinggi. Kandungan ini akan menyebabkan kandungan protein pada makanan yang telah Kita konsumsi sulit untuk dicerna.

* Don’t loosen your belt

Mengendorkan ikat pinggang setelah makan akan menyebabkan usus terbelit dan terblokir.

* Don’t bathe

Mandi akan menaikan aliran darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan system pencernaan di dalam perut Kita.

* Don’t walk about

Orang-orang sering mengatakan bahwa berjalan beberapa langkah setelah makan akan memperpanjang umur. Pada kenyataannya hal ini tidaklah benar. Berjalan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerab nutrisi dari makanan yang telah Kita makan.

* Don’t sleep immediately

Jangan langsung tidur. Makanan yang kita makan tidak dapat dicerna secara baik. Hal ini akan menyebabkan usus mengalami kembung dan peradangan.

Hampir semua klise kan? hahaha..

Gapapa la, buat menuh-menuhin blog. Happy New Year!!😀

One thought on “7 don’ts after a meal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s